Pengertian Pronoun

Pronoun adalah kata yang digunakan atau difungsikan sebagai pengganti kata benda (noun) dalam suatu kalimat. Pronoun atau kata ganti digunakan agar bahasa kita tidak rumit dengan pengulangan kata benda yang sama. Jadi secara Grammar, Pronoun dapat menduduki fungsi yang sama seperti Noun. Tanpa adanya pronoun, kita akan mengulang-ulang kata benda dan itu akan membuat tulisan atau ucapan kita sangat membosankan. Misalnya kamu menceritakan seorang teman bernama “Elvi”, cerita kamu akan sangat membosankan para pembaca atau pendengar apabila kamu berulang kali menyebut kata “Elvi”. Perhatikan contoh berikut:

Elvi has always loved fashion. Elvi announced that Elvi wants to go to fashion school.

Agar kalimat tersebut tidak terasa garing dan membosankan, sebagai gantinya kamu dapat menggunakan Pronoun. Seperti contoh di bawah ini:

Elvi has always loved fashion. She announced that she wants to go to fashion school.

Beberapa contoh kata ganti adalah: I, mine, me, myself, you, etc. Semua itu digunakan untuk menggantikan kata benda dalam bahasa Inggris. Pronoun dibagi dalam beberapa tipe atau jenis. Berikut beberapa jenis Pronoun dalam bahasa Inggris.

Tipe atau Jenis Pronoun

  1. Personal Pronoun adalah kata ganti orang atau benda yang berkedudukan sebagai subject atau object. Adapun yang termasuk personal pronoun seperti I, he, she, it, they, we, and you. E.g: “They went to the Bank.”
  2. Possesive Pronoun adalah kata ganti yang menunjukkan kepemilikan. Ada dua jenis kata ganti possesive pronoun, yaitu:
    1. Possesive Pronoun misalnya: mine, ours, yours, hers, etc. Pada possesive pronoun tidak diikuti oleh noun seperti pada possesive adjective
    2. Possesive Adjective adalah kata ganti kepemilikan yang setelahnya diikuti noun. Misalnya: My book, your book, our book, etc.
  3. Reflexive Pronoun adalah kata ganti yang memiliki makna “sendiri”. Kata ganti refleksif digunakan ketika subject atau obejectnya adalah kata benda yang sama. E.g: I looked at myself on the mirror.
  4. Reciprocal Pronoun adalah kata ganti yang menunjukkan hubungan saling berinteraksi. Reciprocal Pronoun juga diartinya “saling”. Misalnya: Bejo and Elvi kept looking at each other and smiling.  (Bejo dan Elvi saling melihat dan tersenyum).
  5. Demonstrative Pronoun adalah kata ganti penujuk suatu benda. Kata ganti ini terdiri dari:
    1. “This” untuk benda singular yang berada di dekat pembicara dan “These” pada benda plural yang berada di dekat pembicara .
      E.g: This is my pen. (Ini penaku)
    2. “That” untuk benda singular yang berada jauh dari pembicara dan “those” untuk benda plural yang berada jauh dari pembicara.
      E.g: That is my pen. (Itu penaku)
  6. Relative pronoun adalah kata ganti yang digunakan untuk menghubungkan noun dengan relative pronoun atau relative clause. Misalnya: who, whom, which, whoever, whomever, whichever, dan that.
    E.g: The driver who ran the stop sign was careless.
  7. Indefinite Pronoun adalah kata ganti yang digunakan untuk menggantikan orang atau benda tertentu yang belum jelas.
    E.g: Someone wants to know your name. (Seseorang ingin mengetahui namamu.) Kita belum tau “seseorang” itu siapa.
  8. Interrogative Pronoun adalah kata tanya yang digunakan sebagai kata ganti (pronoun). Misalnya: who, whom, what dan which.
    E.g: What is your name? (Siapa namamu?)

Tabel Daftar Pronoun Bahasa Inggris

Subject PronounObject PronounPossessive AdjectivesPossessive PronounReflexive Pronoun
IMeMyMineMyself
YouYouYourYoursYourself
HeHimHisHisHimself
SheHerHerHersHerself
ItItItsItsItself
WeUsOurOursOurselves
YouYouYourYoursYourselves
TheyThemTheirTheirsThemselves
Kategori: Bahasa Inggris, Basic English | Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *