Pengertian dan contoh Komponen Bahasa Inggris

komponen bahasa inggrisKita sebagai mahkluk sosial tidak lepas dari bahasa. Bahasa digunakan manusia untuk saling berkomunikasi. Maka dari itu ada berbagai macam bahasa di dunia ini. Dulu, sewaktu saya belajar bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare, Kediri hal yang paling dasar diajarkan sebelum belajar bahasa inggis adalah Mengenal Pengertian dan contoh Komponen Bahasa Inggris.

Bahasa adalah sistem atau cara yang digunakan untuk mengekspresikan ide atau perasaan baik melalui isyarat, lisan maupun tulisan. Adapun fungsi bahasa adalah sebagai alat berkomunikasi. Bahasa merupakan kesepakatan para pengguna bahasa. Seperti orang Inggris menyebut chair, orang jawa menyebut mejo dan orang indonesia menyebut meja untuk benda yang digunakan untuk duduk.

Bahasa dibagi menjadi tiga, yaitu:

  1. Bahasa Isyarat (Sign Language)
  2. Bahasa Lisan (Spoken Language)
  3. Bahasa Tulisan (Written Language)

Komponen atau unsur bahasa dibagi menjadi 5 bagian, yaitu:

    1. Fonologi
      Fonologi adalah ilmu yang mempelajari tentang aturan suara atau fonem dan distribusinya dalam suatu bahasa. Fonem adalah bagian terkecil dari bunyi dalam suatu bahasa. Fonologi dibagi menjadi dua bagian yaitu:

      • Fonetik adalah bagian dari fonologi yang membahas tentang cara mengatur bunyi-bunyi ujaran dan cara menghasilkan bunyi tersebut oleh alat ucap manusia
      • Fonemik adalah bagian dari fonologi yang  membahas bunyi ujaran menurut fungsinya sebagai pembeda arti.
    2. Morfologi
      Morfologi adalah ilmu yang mempelajari tentang cara pembentukan dan perubahan morfem serta fungsi dari perubahan tersebut. Morfem adalah susunan huruf yang bermakna. Morfem tidak dapat dibagi menjadi bentuk yang lebih kecil lagi. Misalnya Small menjadi smaller.
    3. Semantik
      Semantik adalah ilmu yang mempelajari tentang arti/makna yang terkandung dari suatu kata dan hubungan antar kata serta kombinasinya.
    4. Pragmatik
      Pragmatik adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara konteks dan maknanya. Konteks adalah unsur di luar bahasa yang dikaji dalam pragmatik. Ilmu ini mempelajari mempelajari bahasa dari sudut pandang struktur bahasa yang digunakan dalam berkomunikasi. Dalam mempelajari ilmu pragmatika, berbagai bahasa mempunyai ragam bahasa/variasi bahasa yang selalu menyesuaikan dengan konteks dan keadaan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi variasi suatu bahasa, antara lain: Faktor geografis, kemasyarakatan, situasi berbahasa dan waktu penggunaan.
    5. Grammar
      Grammar adalah Ilmu yang mengatur susunan kalimat, frase, dan kata dalam bahasa sehingga memiliki arti.

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *